“Semoga ini baik, Insya Allah …”


Diceritakan mengenai seorang Raja yang setiap pergi berburu selalu ditemani oleh seorang sahabatnya yg terkenal degan ketaqwaan & wiranya. Setiap kali Raja menemui sesuatu yg tidak mengenakkan/Menyusahkan, sahabatnya tersebut selalu berkata, “Semoga itu baik, insya Allah…” Kata-kata ini selalu diulang-ulang pada setiap kejadian yang secara dilahir/tampaknya adalah kejadian buruk.

Pada suatu hari saat sang Raja berburu bersama sahabatnya dan ditemani oleh pengawalnya, jari tangan Raja terkena tombak dan terpotong. Darah pun mengucur deras. Si sahabat berkata, “Semoga itu baik, insya Allah”. Mendengar kalimat tersebut sang Raja marah dan memerintahkan pengawalnya untuk memenjarakan sahabat tersebut. Keeseokan harinya Raja bertanya pada pengawal yang memenjarakan sahabatnya itu,
“Apa yang dikatakannya saat kalian menutup pintu penjara ?”
Pengawal menjawab,
“Ia hanya mengatakan, Semoga ini baik, insya Allah…”

Suatu ketika saat Raja pergi berburu tanpa ditemani oleh sahabatnya (karna masih dalam penjara), ia tersesat di hutan dan sampai pada suatu perkampungan suku pedalaman yang menyembah berhala dan setiap tahunnya mempunyai ritual yang butuh korban manusia untuk berhala mereka, Raja pun dikepung dan ditangkap oleh suku tersebut. Namun, saat diperiksa didapati bahwa jari Raja tidak lengkap. Mereka pun menolak mengorbankannya, karena korban persembahan pada berhala haruslah dalam kondisi yang sempurna. Raja lalu dilepaskan dan ia kembali ke istananya.
Sambil merenung, terpikirkan olehnya kebenaran ucapan sahabatnya. Sahabatnya pun dikeluarkan dari penjara. Raja bertanya, “Ketika engkau mengatakan,‘Semoga itu baik, insya Allah’ saat jariku terpotong, aku menyadari bahwa kebaikan itu adalah aku tidak jadi disembelih untuk berhala karena fisikku tidak sempurna. Sekarang saat engkau dipenjara, apakah kebaikan itu ?”
Sahabat tersebut menjawab,
“Andai-kata saat itu saya bersamamu, maka merek akan menyembelih saya sebagai penggantimu”

Famous last words :
Jika anda mdapat kejadian buruk ucapkan: “Semoga ini baik, insya Allah.” Semoga ALLAH SWT memberi kebaikan pada kehidupan kita. Aamiin.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu & boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”. (QS.Al-Baqarah:216)

3 responses to ““Semoga ini baik, Insya Allah …”

  1. asyikkk….
    referensinya muantabbb…
    good job bro :)

  2. He he he
    Masih ….

  3. melianifitri

    msh d sungkai bg?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s