BENZYLPENISILIN


(Procaine Penillin G, Kemopen, penadur-LA )

 

Benzilpenisilin (Penisilin G) adalah antibiotik yang penting sampai saat ini. Antibiotik ini hanya dalam bentuk injeksi karena diinaktifkan oleh asam lambung dan penyerapan dari saluran cerna rendah. Benzilpenisilin efektif untuk infeksi streptokokus, , gonokokus, meningokokus, antrax, difteri, gas-gangren, leptospira, penyakit Lyme. Benzilpenisilin diinaktifkan oleh bakteri penghasil beta laktamase.

INDIKASI

Infeksi tenggorokan, otitis media, endocarditis, penyakit meningokokus, penumonia, selulitis; antrax; profilaksis pada amputasi tungkai.

KONTRAINDIKASI

  • Hipersensitifitas terhadap penisilin
  • Perhatian : riwayat alergi; kurangi dosis pada gangguan ginjal

DOSIS

Melalui injeksi intramuskular atau injeksi perlahan melalui pembuluh darah atau melalui infus :

  • 2.4 – 4.8 g sehari dibagi dalam 4 kali pemberian, dapat ditingkatkan pada infeksi berat;
  • PREMATUR atau BAYI BARU LAHIR <1 minggu, 50 mg/kg BB sehari dibagi dalam 2 kali pemberian;
  • BAYI BARU LAHIR 1-4 minggu, 75 mg/kg BB sehari dibagi dalam 3 kali pemberian;
  • BAYI-ANAK 1 bulan – 12 tahun, 100 mg/kg BB sehari dibagi dalam 4 kali pemberian. Pemberian melalui pembuluh darah direkomendasikan pada usia <12 bulan.
  • Endokarditis : injeksi lambat melalui pembuluh darah atau melalui infus, 7.2 g sehari dibagi dalam 6 dosis sampai 14.4 g sehari dibagi dalam 6 dosis.

SEDIAAN

Injeksi 3.000.000 U/vial; benzatin Penicillin 2,4 juta U; 1,2 juta U

EFEK SAMPING

Reaksi hipersensitifitas termasuk urtikaria, demam, nyeri sendi, ruam, angioedema, anafilaksis, reaksi menyerupai serumsickness. Jarang terjadi : toksisitas pada susunan saraf pusat termasuk kejang (terutama pada dosis tinggi atau pemberian pada gangguan ginjal berat), nefritis interstitialis, anemia hemolitik, leukopenia, trombositopenia, dan gangguan pembekuan darah. Diare juga bisa terjadi (temasuk colitis karena antibiotik).

One response to “BENZYLPENISILIN