HIDROSEFALUS


Author : DrsMed. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2009

—–

PENGERTIAN

—–Hydrocephalus berasal dari bahasa Latin yaitu “Hydro” yang berarti “air” dan “Cephalus” yang berarti “kepala”. Hydrocephalus adalah penumpukan cairan serebrospinal akibat ketidakseimbangan antara produksi, absorbsi cairan serebrospinal, dan obstruksi pada sirkulasi cairan cerebrospinal sehingga terdapat pelebaran ventrikel. Hydrocephalus selalu bersifat sekunder, sebagai akibat penyakit atau kerusakan otak. Adanya kelainan-kelainan tersebut menyebabkan kepala menjadi besar serta terjadi pelebaran sutura-sutura dan ubun-ubun.

SEJARAH PENYAKIT

—–Kita mengenal “Hydrocephalus” sebagai suatu kelainan yang biasanya terjadi pada bayi, dan ditandai dengan membesarnya kepala melebihi ukuran normal. Dalam keadaan normal, tubuh memproduksi cairan otak (Cairan Serebro Spinal = CSS) dalam jumlah tertentu, untuk kemudian didistribusikan dalam ruang-ruang ventrikel otak, sampai akhirnya diserap kembali. Dalam keadaan dimana terdapat ketidakseimbangan antara produksi dan penyerapan kembali, terjadi penumpukan cairan otak di ventrikel.

ETIOLOGI

—–Kasus Hydrocephalus terjadi 1 : 500 kelahiran. kondisi ini bsia dideteksi sejak masih dalam kandungan (Congenital Hydrocephalus) sehingga tindakan lanjut dari kondisi ini sudah bisa disiapkan sejak sebelum persalinan. Meskipun masih belum jelas dipahami tentang penyebab Hydrocephalus, namun beberapa kemungkinannya adalah:

1. Kelainan bawaan
—–a. stenosis aquaduktus silvii
—–b. spina bifida dan kranium bifida
—–c. sindroma dandy – walker (atresia congenital foramen luschka dan magendi)
—–d. Kista arachnoid
—–e. Anomaly pembuluh darah

2. Infeksi
—–Infeksi pada selaput meningen dapat menimbulkan perlekatan meningen sehingga dapat terjadi obliterasi ruang ruang subarachnoid. Pelebaran ventrikel pada fase akut meningitis purulenta terjadi bila aliran CSS terganggu oleh bstruksi mekanik eksudat purulenta di aquaduktus silvii sisterna basalis.

3.  Neoplasma
—–Hidrocepalus oleh obstruksi mekanis yang dapat terjadi di setiap aliran CSS.

4. Perdarahan
—–Perdarahan Sebelum dan sesudah lahir dalam otak dapat menyebabkan fibrosis leptomeningen. Obstruksi juga dapat muncul akibat organisasi dari darah itu sendiri….Baca selengkapnya (Read more..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s