DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)


Authors : Lilik Kurniawan, S. Ked. Yayan Akhyar Israr, S. Ked. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2009

PENDAHULUAN


—–Demam berdarah dengue (DBD)/ Dengue Hemorrhagic fever merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas di Asia Tropik termasuk Indonesia. Insiden tertinggi pada anak dengan puncak umur 5-11 tahun. Berdasarkan data kasus dan angka kematian DBD di Dinas Kesehatan Propinsi Riau tahun 2004 menunjukkan selama tahun tersebut telah dilaporkan kasus DBD di propinsi Riau sebanyak 732 kasus, dan menempat I urutan ke 6 drai 10 besar penyakit yang dirawat di bagian Penyakit Dalam RSUD AA provinsi Riau. Selama tahun 2004 peroide Januari – Mei , khususnya kota pekanbaru dinyatakan sebagai wilayah Kejadian Luar Biasa DBD, dimanan terjadi peningkatan kasus DBD sebanyak 119 orang dan kematian 4 orang dengan incidence rate 3, 36 % .
—–

Definisi
—–Demam Berdarah Dengue adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dengan manisfestasi klinis demam, nyeri otot/ atau nyeri sendi yang disertai leukopenia, ruam, limfadenopati, trombositopenia dan diatesis hemoragik.
—–
Etiologi
—–Infeksi virus dengue disebabkan oleh virus RNA Dengue genus Flavivirus, famili Flavirisae yang terdiri dari serotipe yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, DEN-4, dari keempat serotipe tersebut,serotipe DEN-3 merupakan serotipe yag paling banyak beredardan berhubungan dengan kasus berat. Infeksi oleh salah satu serotipe akan menimbulkan antibodi yang terbentuk terhadap serotipe lain sangat kurang sehingga tidak dapat mmberikan perlindungan yang memadai terhadap serotipe lain tersebut. Secara morfologi, virus dengue berbentuk batang, bersifat termolabil, sensitive terhadap inaktivasi oleh dietileter dan natrium dioksilat, stabil pada suhi 70 ºC…..Baca selengkapnya (Read more...)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s