PENATALAKSANAAN ASMA MASA KINI


Author : Dr. Taufik SpP(K). Bagian Pulmonologi FKUA/RSUP Dr.M.Djamil. Padang

—-

PENDAHULUAN

—-

—-Asma merupakan penyakit saluran nafas yang menjadi masalah kesehatan global saat ini. Kekerapannya meningkat dimana-mana. Penyakit ini merupakan beban yang berat bagi pelayanan kesehatan dan juga mengurangi produktifitas.

—-Walaupun banyak kemajuan dalam pengobatan asma, akan tetapi angka kesakitan tidak berkurang, bahkan pada beberapa negara maju angka tersebut meningkat. Berkat kemajuan dalam penelitian dibidang kedokteran, pengertian mengenai asma juga mengalami kemajuan. Kemajuan ini juga menyebabkan perubahan-perubahan dalam definisi dari asma sendiri. Kalau dulu penekanan dari definisi asma adalah penyempitan yang merata dari saluran nafas, diikuti oleh penekanan terhadap adanya peningkatan kepekaan (hipersensitivitas) saluran nafas, maka dewasa ini penekanan tersebut adalah adanya proses inflamasi pada saluran nafas penderita asma.

—-Perubahan pengertian dalam konsep penyakit ini juga menyebabkan perubahan dalam penatalaksanaannya. Pada kesempatan ini penulis ingin mengemukakan pendekatan-pendekatan  baru  dalam penatalaksanaan asma ini terutama  dalam penderajatan dan pengobatannya baik untuk jangka panjang maupun untuk eksaserbasi akut.

DEFINISI

Seperti telah dikemukakan di atas, terdapat perubahan dari waktu ke waktu mengenai definisi dari asma. Kalau pada mulanya definisi asma berdasarkan kelainan fungsi paru saja kemudian mengalami kemajuan dengan menambahkan penyebab dari kelainan fungsi paru tersebut maka sekarang ini definisi tersebut lebih ditekankan kepada adanya kelainan anatomi dari saluran nafas itu sendiri,  yaitu adanya proses inflamasi. Sebagai contoh Ciba Foundation Guest Symposium (1958) menyarankan

sebagai definisi asma :

Asma adalah keadaaan dimana terdapat penyempitan yang merata dari saluran nafas yang mengalami perobahan dalam derajatnya dalam waktu yang singkat baik secara spontan ataupun karena pengobatan, dan tidak disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler.

Selanjutnya cuplikan dari definisi yang disarankan oleh The Committee on Diagnostic Standards of The American Thoracic Society (1962) :

“Asma adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kepekaan trakea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan yang manifestasinya berupa penyempitan menyeluruh dari saluran nafas yang mengalami perobahan dalam derajatnya baik secara spontan ataupun karena pengobatan………….”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s