Modifikasi Gaya Hidup Untuk Mencegah DM Tipe II Fokus Pada Peranan Nutrisi


Author : Nova Faradilla, S.Ked. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2009.

—-

PENDAHULUAN

—-Prediabetes merupakan suatu keadaan dimana nilai gula darah seseorang lebih tinggi dari normal, tapi tidak cukup tinggi bila diklasifikasikan dalam diabetes mellitus tipe II dan pada prediabetes kemungkinan sudah terjadi kerusakan pada jantung dan sirkulasi sistemik1,2,3. Sedangkan diabetes mellitus menurut American Diabetes Assosiation (ADA),  merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Hiperglikemia kronik pada diabetes berhubungan dengan kerusakan jangka panjang, disfungsi atau kegagalan beberapa organ tubuh, terutama mata, ginjal, saraf, jantung dan pembuluh darah. World Health Organization (WHO) sebelumnya telah merumuskan bahwa DM merupakan sesuatu yang tidak dapat dituangkan dalam satu jawaban yang jelas dan singkat tetapi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan problema anatomik dan kimiawi akibat dari sejumlah faktor dimana didapat defisiensi insulin absolute atau relatif dan gangguan fungsi insulin4.

—-Istilah prediabetes diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002 oleh Depertement of Health and Human Services (DHHS) dan the American Diabetes Association (ADA). Sebelumnya istilah untuk menggambarkan keadaan prediabetes adalah TGT dan GDPT. Setiap tahun 4-9% orang dengan prediabetes akan menjadi diabetes1,2,3.

—-Berdasarkan American Diabetes Assosiation (ADA), 54 juta orang dewasa terkena prediabetes di Amerika. Tanpa intervensi, prediabetes akan berkembang menjadi diabetes melitus tipe II dalam kurun waktu 10 tahun. Meningkatnya prevalensi diabetes mellitus tipe II ini, akibat peningkatan kemakmuran yaitu peningkatan pendapatan per kapita dan perubahan gaya hidup terutama dikota-kota besar yang menyebabkan peningkatan prevalensi penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi, hiperlipidemia, diabetes itu sendiri dan lain-lain. Selain itu bertambahnya usia, lebih banyak dan lebih lamanya obesitas, distribusi lemak tubuh, kurang aktifitas jasmani dan hiperinsulinemia merupakan faktor resiko  yang berinteraksi dengan beberapa faktor genetik yang berhubungan dengan terjadinya diabetes melitus tipe II1,2,3…..Baca selengkapnya (Read more...)

One response to “Modifikasi Gaya Hidup Untuk Mencegah DM Tipe II Fokus Pada Peranan Nutrisi

  1. coba tambahin modifikasi lingkungan yg baik bagi penderita DM…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s