Sistem Karotis


Author : Rizki Kurniati, S. Ked. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2008.

PENDAHULUAN 1,4,6

—-Walaupun  jumlah otak hanya 2 % dari berat tubuh pada manusia, ia survive dan berfungsi bergantung secara berkelanjutan menerima 20% dari aliran darah arteri dari jantung, metabolisme 20%  adri oksigen yang tersedia.dan generating 20% dari energi tubuh

—-Pengurangan pada aliran darah pada tiap bagian otak mengawali terjadinya iskemia, kehilangan fungsi yang reversible dan kemudian jika pengurangan tersebut memburuk dan memanjang, infark denagn kematian sel ireversibel. Suplai darah pada bgian anterior otak ( dan ke mata ) berasal dari 2 arteri karotis, yang mana cabang di leher  give rise ke arteri serebri anterior dan tengah. Bagian posterior dari otak disuplai oleh 2 areri vertebral yang bergabung dalam kepala dari arteri basilar,  arteri serebral posterior.

—-Selain panyakit jantung dan kanker, penyakit serebrovaskular adalah penyebab kematian paling sering di dunia barat. Dan sekurang-kurangnya  seetngah dari pasien neurologist di rumah sakitumum memiliki beebrapa tipe dari penyakit serebrovaskular.

—-Terminologi penyakit serebrovaskular  berarti bebrapa abnormalitas dari otak yang dihasilkan dari proses patologis dari pembuluh darah, arteri, arterioles, kapier, vena atau sinus.Perubahan patologis pada poembuluh darah terbentuk dari thrombus atau embolus atau dari rupturan.

One response to “Sistem Karotis

  1. mioma uteri,whats the meaning of mioma uteri?

    Ya2N^_^ :
    Mio = otot, akhiran ‘oma’ = tumor/ keganasan dan uteri = uterus/rahim
    (mio = muscle, ‘oma’ = benign tumor, uteri = uterine)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s