Tumor Testis


Editor : Yayan Akhyar Israr, S.Ked. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2008.

DEFINISI

Tumor testis berasal dari sel germinal atau jaringan stroma testis. Lebih dari 90% berasal dari sel germinal. Tumor ini mempunyai derajat keganasan yang tinggi, tetapi dapat sembuh bila diberikan penanganan yang adekuat.

ETIOLOGI

Penyebab tumor testis belum diketahui dengan pasti, tetapi terdapat beberapa faktor yang erat kaitannya dengan peningkatan kejadian tumor testis antara lain :

  1. Maldesensus testis
  2. Trauma testis
  3. Atrofi atau infeksi testis
  4. Hormonal

PATOLOGI

Selain seminoma yang berasal dari sel germinal, terdapat karsinoma embrional, teratoma, dan koriokarsinoma yang digolongkan sebagai nonseminoma, yang dianggap berasal dari sel germinal pada tahap perkembangan lain histogenesis. Seminoma meliputi sekitar 40% dari tumor ganas testis. Koriokarsinoma jarang sekali ditemukan (1%). Metastase tumor testis kadang berbeda sekali dengan tumor induk, yang berarti tumor primer terdiri dari berbagai jenis jaringan embrional dengan daya invasi yang berbeda.

PERTUMBUHAN DAN PENYEBARAN

Selain koriokarsinoma, tumor testis menyebar melalui pembuluh limfe. Kelenjar limfe terletak para aorta kiri setinggi L2 tepat dibawah hilus ginjal dan di sebelah kanan antara aorta dan v. kava setinggi L3 dan prakava setinggi L2. Metastasis di kelenjar inguinal hanya terjadi setelah penyusupan tumor ke dalam kulit skrotum atau setelah dilakukan pembedahan pada funikulus spermatikus, seperti pada hernia inguinalis lateralis yang menyebabkan gagguan aliran arus limfe di dalamnya. Penyebaran hematogen luas pada tahap dini merupakan tanda koriokarsinoma.

14 responses to “Tumor Testis

  1. sudah satu tahun lebih saya menderita tumor testis sinistra, dan menurut dokter tumor ini sudah menyebar hingga paru-paru, yang ingin saya tanyakan, masih bisakah tumor ini diobati (operasi), berapa banyak terjadi kematian dengan tumor ini? terima kasih

  2. sy pernh operasi tumor testis sblh knan..
    apkh stlh operasi msh perlu mlkukan kemotherapi?
    apkh stlh oprasi sy bs dblg sembuh?
    sblmx trmaksh…

    Yayan A.I :
    Semua jawabannya “tergantung”, Mas ….
    tergantung Grade / tingkatan Tumor testis yang mengenai Anda
    tergantung apakah operasi berhasil mengangkat semua tumor dan tidak ada sel2 tumor di bagian tubuh lain
    sama2, mas …

  3. saya mau tanya mas,apakah tumor testis bisa terserang pada balita?knapa anak saya baru 9 bln sudah dioperasi/sudah diangkat tumor testis disebelah kirinya dan divonis dokter teratomak jinak,dan apakah berkemungkinan bisa kambuh lagi?apakah sudah besar dia masih bisa mempunyai keturunan?disebabkan apa ya penyakit tersebut karena dia tergolong masih bayi.terimakasih mas

    Yayan A.I :
    Tumor ataupun kanker merupakan pertumbuhan tidak terkontrol dari sel pada suatu organ atau lapisan yang sampai sekarang penyebabnya tidak dapat dipastikan (hanya bisa dikemukakan bakat dan faktor resiko / pencetus), jadi bila dikatakan “bisa” tentu bisa saja.
    Operasi yang dilakukan tentu sebelumnya telah dipikirkan dengan matang resiko dan keuntungan untuk si anak oleh Dokter Bedah-nya (dan seharusnya anda sudah di minta membaca, memahami dan menanda tangani infom konsen dari Dokter yang bersangkutan mengenai prosedur, efek dan resiko dari tindakan bedah yang dilakukan), kemungkinan testis sebelah terkena masih ada.
    Anak ibu tetap akan bisa mempunyai keturunan apabila testis yang tertinggal (1 buah) dalam kondisi normal.

  4. 1. Tidak sama, Tumor testis merupakan suatu keadaan pertumbuhan sel tang tidak terkontrol dari Testis, sedangkan Hernia merupakan penurunan masa normal dalam rongga abdomen (perut) yang turun melalui suatu rongga (lubang) yang bukan merupakan tempat normalnya (lokasi dan ukuran tergantung tempat dan isi nya – bisa saja sampai kantong testis) — namun pada hernia yang belum inkarserata (terjepit) masa tersebut masih bisa di dorong naik, sedang tumor testis masa akan tetat di sana.

    2. Tergantung derajat Tumornya.

    3. Semua kelainan Tumor munculnya sangat sulit untuk diprediksi, jadi jika dibuang (apalagi pada organ yang berpasangan ex: payudara, testis, dll) dapat saja muncul lagi dikemudian harinya pada organ pasangannya.

    Terima kasih atas pertanyaannya …

  5. aku mau tanya ..
    1. tumor testis itu sama gak sih dengan hernia(turun bero)
    ????
    2. bisa tidak disembuhkan tanpa operasi????
    3. bila mana harus dioperasi, apa masih ada kemungkinan untuk kambuh lagi???

    trimaksih, dan mohon jawabannya ya,,,

  6. wassalam….
    pengobatan definitifnya sampai saat ini memang dengan mengangkat testis yang terkena.
    apabila testis yang satunya masih dalam kondisi normal, masih berkemungkinan untuk mempunyai keturunan….

    sama2, mas

  7. assalam..

    penderita tumor testis klo d operasi ap harus d angkat testis na.???
    so klo seandai na d angkat..
    gmn dgn kondisi tubuh hnya dgn 1 testis aja..
    ap msh bs mempunyai keturun..
    yhanks before

  8. Pingback: BELIBIS A-17 | Komunitas Blogger Indonesia

  9. Setelah menjalani operasi pengangkatan tumor, resiko apa yang akan di hadapi ke depannya?
    Apa efek dari kemotherapy?
    Terima kasih sebelumnya?

    Ya2N^_^ :
    (1)Tindakan/penanganan yang dilakukan tergantung pada stadium dan jenis tumor testis itu sendiri. pengangkatan tumor (sekaligus) dengan pengangkatan testis (Orkintektomi) dilakukan pada semua stadium tumor testis. meskipun sudah diangkat, masih mempunyai resiko untuk kekambuhan di testis yang satunya lagi. jika kedua testis diangkat, tentu saja produk/fungsi yang dijalankan testis (ex : sperma) tidak akan dihasilkan.
    (2) Efek samping kemo terapi sangat beragam, sangat bergantung pada jenis obat yang digunakan dan dapat berbeda pada masing-masing individu. efek samping yang sering muncul antara lain |: mual, muntah, diare, penurunan selera, rambut rontok, demam, kelelahan, mulut kering, nyeri, mudah lebam dan perdarahan….banyak lagi efek jangka panjang lain yang mungkin dapat timbul (tergantung obat kemo yang digunakan)

  10. klo ke dokter urologi sama gak yah???

    ngeri juga, soalnya belakangan testis kanan ku terasa agak nyeri kalo dipegang, klo jalan apa sih gak terasa nyeri..

    klo boleh minta saran, periksa kemana yah?? dokter umum bisa gak yah???

    Ya2N^_^ :
    Harusnya sih Dokter umum bisa, dan meskipun nanti dia tidak memberikan terapi maka dia akan merujuk ke Urologi (Sp.U)
    Langsung ke Urolog juga ga papa, mas…..
    tapi emang seharusnya jalurnya ke dokter umum dulu, mas…baru nanti rujukan (bila perlu/indikasinya) ke Spesialis Urologi….
    Priksakan saja mas, lebih baik tahu sejak dini dari pada terlambat….

  11. Saya kya na ad tonjolan dbwh testis kiri saya,
    cma 1 tonjolan,
    klo dipijit ga ada apa nya di dalam,
    apakah itu termasuk?
    Dan jga ad bintik pth disekitar testis dan batangnya,
    tapi sbagian bntik ad keluar bulu,
    saya bru 14th

    Ya2N^_^ :
    mas, Bl4ck_5kyz…
    prinsipnya semua tonjolan/benjolan/masa yang bukan merupakan keadaan normal tubuh (normalnya tidak ada) disebut dengan tumor…..masalahnya apakah itu ganas atau tidak….
    penentuan ganas atau tidaknya bergantung dari banyak faktor, seperti : kecepatan tumbuh, invasi ke jaringan sekitasnya, permukaannya berbenjol2 atau rata……dll. tapi untuk memastikan nya harus dilakukan pemeriksaan patologi anatomi (PA) dengan bahan yang diambil dari benjolan tadi.

    mas coba aja pergi ke dokter terdekat (atau lebih tepat ke dokter spesialis kulit dan kelamin) untuk memastikan benjolan itu apa….

  12. Saya Penderita tumor testis yang sudah diangkat dan sekarang sudah menyebar ke para aorta, dan sedang menjalani kemoterapy, pertanyaan saya adakah pantangan dalam makanan dan minuman?
    mohon kesediannya untuk dapat dijawab.
    terima kasih banyak.

    Ya2N^_^ :
    sepengetahuan saya tidak ada pantangan, mas….yang paling penting adalah mengikuti kemoterapy dengan teratur, optimis, dan berdoa.

  13. saya minta tolong kepada siapa saja yang tulus dan ihlas membantu saya bagaimana mengobati tomor testis!

  14. mas, aku dapt tugas tentang etiologi dan faktor resiko seminoma testis,,
    apaan ya..?? susah cariinya nih.. tolong ya..kasih tau klu tau..
    thx bgt..

    Ya2N^_^ :
    @isni
    Seminoma ya….????
    dah lihat ini : Seminoma dan ini –> Management of Stage I Seminoma: Guideline Recommendations

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s