NEFROLITIASIS (BATU GINJAL)


Editor : YAYAN AKHYAR ISRAR, S.Ked. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. RSUD Arifin Achmad Pekanbaru – Provinsi Riau.

DEFINISI

Merupakan suatu penyakit yang salah satu gejalanya adalah pembentukan batu di dalam ginjal.(1)

Gambar. Batu Ginjal (2)


ETIOLOGI

Terbentuknya batu saluran kemih diduga ada hubungannya dengan gangguan aliran urin, gangguan metabolik, infeksi saluran kemih, dehidrasi, dan keadaan-keadaan lain yang masih belum terungkap (idiopatik). Secara epidemiologik terdapat beberapa faktor yang mempermudah terbentuknya batu pada saluran kemih pada seseorang. Faktor tersebut adalah faktor intrinsik yaitu keadaan yang berasal dari tubuh orang itu sendiri dan faktor ekstrinsik yaitu pengaruh yang berasal dari lingkungan di sekitarnya.(3)

Faktor intrinsik antara lain :

  1. Herediter (keturunan) : penyakit ini diduga diturunkan dari orang tuanya.
  2. Umur : penyakit ini paling sering didapatkan pada usia 30-50 tahun
  3. Jenis kelamin : jumlah pasien laki-laki tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pasien perempuan

Faktor ekstrinsik diantaranya adalah :

  1. Geografis : pada beberapa daerah menunjukkan angka kejadian batu saluran kemih yang lebih tinggi dari pada daerah lain sehingga dikenal sebagai daerah stonebelt.
  2. Iklim dan temperatur
  3. Asupan air : kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium pada air yang dikonsumsi.
  4. Diet : Diet tinggi purin, oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya batu.
  5. Pekerjaan : penyakit ini sering dijumpai pada orang yang pekerjaannya banyak duduk atau kurang aktifitas atau sedentary life.(3)


EPIDEMIOLOGI

Abad ke-16 hingga abad ke-18 tercatat insiden tertinggi penderita batu saluran kemih yang ditemukan diberbagai negara di Eropa. Berbeda dengan eropa, di negara-negara berkembang penyakit batu ini masih ditemukan hingga saat ini, misalnya Indonesia, Thailand, India, Kamboja, dan Mesir.(1)….Baca selengkapnya (Read more…)

10 responses to “NEFROLITIASIS (BATU GINJAL)

  1. boss untuk pemeriksaan batu ginjal tolong …………..di bantu dong gak lengkap nih….. plisss mohon bantuan nya ya

    Yayan A.I :
    Mau dibantu apa, Pak ?

  2. VFCC C XFVV V

  3. bang yayan..makasiiy ya bwt materinya..ngebantu bgd bwt tgs.. :) rajin2 yaa ngisi blognya…hehe

    Ya2N^_^ ;
    Sama2, dek….insyaallah…

  4. mkasi ya bg,,
    ngebantu

    Ya2N*_*:
    sama2, cun

  5. thanks buat info nya…
    jadi smkn mnmbah variasi sumber buat tugas LP nih..
    he2..
    salam kenal^^

  6. thanks ya2n to materi y. happy days to our

    Ya2N :
    sama2, mbak…

  7. fitri& aNCE

    thanks ya materinya ngebantu banget bwt tgas kuliahnya…dimanapun kamu berada semoga amalnya di balas tuhan…amien…

    Ya2N ^_^ :
    wah… sama2 mbak
    makasi atas doanya mbak…

  8. THAN ALOT YACH….

  9. wihhh keren artikelnya…salam kenal ya…

    Ya2N^_^ :
    @ucup
    Salam Kenal juga mas…

  10. Yap, sebelumnya aku ucapin trimakasih atas info yg telah diberikan, semoga dapat bermanfaat… Pak dokter boleh ga aku minta data tentang pemeriksaan fisik penyakit batu ginjal, dari kepala ampe kaki, baik data subjektif maupun data objektif, soalnya aku dapet tugas dr dosen… Tolong bantuannya yoW.. Thanx


    Ya2N^_^ :
    sama2 mbk….
    kan dah ada di atas ??? kloe mbak mau tau ebih banyak bisa baca dari tinjauan pustaka no. 3
    namanya juga tugas, tujuannya kan diberikan biar lebih paham…bukan gimana selesenya….hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s