COAL TAR


INDIKASI : psoriasis.

KONTRAINDIKASI : reaksi peradangan, kulit yang tidak utuh , kulit terinfeksi, psoriasis pustular.

Perhatian : hindari penggunaan pada mata, selaput lendir, area kelamin dan anus, perlu dilindungi agar tidak teriritasi; dapat mewarnai kulit rambut dan pakaian.

CARA PEMAKAIAN :

  • Anak : Oleskan 1-3 kali, dapat diawali dengn alarutan dosis rendah (5%).  Untuk mandi : larutkan coal tar  100ml pada bak mandi ukuran dewasa atau pada bak mandi ukuran anak, jumlah coal tar dapat disesuaikan, rendam bada nselama 10-20 menit, dilakukan tiga hari sampai 10 kali mandi.
  • Pada gangguan ginjal dan hati : tidak perlu penyesuaian dosis.

EFEK SAMPING :

  • Rasa terbakar pada kulit, folikulitis, reaksi iritasi, reaksi alergi, sensitivitas terhadap cahaya, erupsi acneiformis (muncul lesi seperti jerawat), pewarnaan terhadap kulit dan pakaian.
  • Efek karsinogenik (efek menimbulkan kanker) masih diperdebatkan, terdapat penelitian yang mendukung terjadinya kanker pada pemakaian tar dan atau paparan ultraviolet yang cukup lama, namun pada penelitian lain tidak ditemukan hubungannya.

SEDIAAN : Larutan 5%

Catatan : sediaan 6% dapat digunakan pada anak usia 1 bulan sampai 2 tahun. Coal tar 10% dapat digunakan pada anak diatas 2 tahun dengan psoriasis yang berat.

INTERAKSI OBAT :

Tidak ditemukan interakasi obat yang signifikan namun hindari penggunaan bersamaan dengan obat topical lainnya

Catatan : coal tar dapat digunakan berselang seling dengan terapi ultraviolet, kira-kira berjarak 24 jam satu sama lain.

About these ads

Comments are closed.