DEMAM TIFOID (THYPOID FEVER)


Authors : Frisca Wulandari, Yayan Akhyar Israr. Fakultas Kedokteran Universitas Riau. 2008.
-

TINJAUAN PUSTAKA

Definisi

Demam tifoid (tifus abdominalis, enteric fever) adalah penyakit infeksi akut yang biasanya terdapat pada saluran pencernaan dengan gejala demam yang lebih dari 7 hari, gangguan pada saluran pencernaan dengan atau tanpa gangguan kesadaran.1,2,3

-

Etiologi

Demam tifoid disebabkan oleh Salmonella typhi (S. typhi), basil gram negatif, berflagel, dan tidak berspora. S. typhi memiliki 3 macam antigen yaitu antigen O (somatik berupa kompleks polisakarida), antigen H (flagel), dan antigen Vi. Dalam serum penderita demam tifoid akan terbentuk antibodi terhadap ketiga macam antigen tersebut.

Kuman ini tumbuh dalam suasana aerob dan fakultatif anaerob. Kuman ini mati pada suhu 56ºC dan pada keadaan kering. Di dalam air dapat bertahan hidup selama 4 minggu dan hidup subur pada medium yang mengandung garam empedu.1

Epidemiologi

Demam tifoid dan paratifoid merupakan salah satu penyakit infeksi endemik di Asia, Afrika, Amerika Latin Karibia dan Oceania, termasuk Indonesia. Penyakit ini tergolong penyakit menular yang dapat menyerang banyak orang melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Insiden demam tifoid di seluruh dunia menurut data pada tahun 3002 sekitar 16 juta per tahun, 600.000 di antaranya menyebabkan kematian. Di Indonesia prevalensi 91% kasus demam tifoid terjadi pada umur 3-19 tahun, kejadian meningkat setelah umur 5 tahun. Ada dua sumber penularan S.typhi : pasien yang menderita demam tifoid dan yang lebih sering dari carrier yaitu orang yang telah sembuh dari demam tifoid namun masih mengeksresikan S. typhi dalam tinja selama lebih dari satu tahun.2,3,4

Patogenesis

Infeksi S.typhi terjadi pada saluran pencernaan. Basil diserap di usus halus kemudian melalui pembuluh limfe masuk ke peredaran darah sampai di organ-organterutama hati dan limpa. Basil yang tidak dihancurkan berkembang biak dalam hati dan limpa sehingga organ-organ tersebut akan membesar disertai nyeri pada perabaan. Kemudian basil masuk kembali ke dalam darah ( bakteremia) dan menyebar ke seluruh tubuh terutama ke dalam kelenjar limfoid usus halus, menimbulkan tukak pada mukosa diatas plaque peyeri. Tukak tersebut dapat mengakibatkan perdarahan dan perforasi usus. Gejala demam disebabkan oleh endotoksin yang dieksresikan oleh basil S.typhi sedangkan gejala pada saluran pencernaan disebabkan oleh kelainan pada usus.1,4 ….Baca selengkapnya (Read more…)

43 responses to “DEMAM TIFOID (THYPOID FEVER)

  1. Dua penyakit yang berbeda dengan penyebab yang berbeda >>>

  2. Boleh ngak nanya??? Klo hubungan DBD dengan thypoid itu apa yah ????

  3. Pingback: FOOD AND WATER BORNE DISEASE « Mulyanifkmundip's Blog

  4. Tipe Demam pada kasus DBD jika digrafikkan akan membentuk seperti pelana kuda, Demam yang naik terus menerus dai hari awal demam sampai hari ke 3 kemudian turun pada hari 4-5 (fase kritis), dan naik lagi samapai normal pada hari 6-7 (fase penyembuhan). dari tipe demam yang diterakan di atas sepertinya tidak cocok untuk DBD.
    Dari hasil pemeriksaan Laboratorium, semua dalam batas normal (eritrosit dan Leukosit tidak diperiksa) — Igg + (Igg untuk Dengue ???) menunjukkan pernah terinfeksi sebelumnya dan telah membentuk sistem imunitas.

    Terima kasih atas pertanyaannya …

  5. Saya merasa demam (naik-turun) sudah 3 hari, hari ke 4 saya cek darah hasilny widal -, igm -, igg +, LED 39, trombosit 182000. Apakah ada gejala dbd atau hanya demam biasa? Riwayat penyakit saya 4 th yg lalu saya pernah terkena trombositopenia trombosit saya wkt itu turun sampai 19000.
    Thks.

  6. Saya merasa demam (naik-turun) sudah 3 hari, hari ke 4 saya cek darah hasilny widal -, igm -, igg +, LED 39, trombosit 182000. Apakah ada gejala dbd atau hanya demam biasa? Riwayat penyakit saya 4 th yg lalu saya pernah terkena trombositopenia trombosit saya wkt itu turun sampai 19000.
    Thks.

  7. Saya merasa demam (naik-turun) sudah 3 hari, hari ke 4 saya cek darah hasilny widal -, igm -, igg +, LED 39, trombosit 182000. Apakah ada gejala dbd atau hanya demam biasa? Riwayat penyakit saya 4 th yg lalu saya pernah terkena trombositopenia trombosit saya wkt itu turun sampai 19000.
    Thks.

  8. sama2…..
    mau diajarin yang seperti apa ?

  9. maKaci kk InFo’x………………
    aJariN doNg g’mNa cRa’x berbaGi iLmu kYak giNi……..!!!
    hehehe :D

  10. Pingback: BELIBIS A-17 | Komunitas Blogger Indonesia

  11. Salam mas putu….
    Menjaga stamina adalah agar imunitas tubuh tetab baik, begitu juga dengan makanan….selain melihat tercemar atau tidaknya kuman salmonella tifosa di makanan tersebut (mungkin pada kasus mas putu adalah kejadian berulang atau relaps – namun bisa saja re-infeksi / infeksi berulang oleh salmonella tifosa dari makanan atau minuman yang dimakan)
    Vaksinasi dapat saja diberikan / dan tidak ada salahnya, apalagi jika memang relaps sering terjadi….
    Memang antibodi terhadap kuman telah dibentuk oleh tubuh, namun masalah pada penyakit ini adalah sebagain besar penderita tifus tetap mempunyai kuman yang bersembunyi dikandung empedu meskipun gejala sudah dapat dikatakan sembuh, yang mana organ ini (kandung empedu) sulit untuk dicapai obat dan antibodi….ini berhubungan dengan pertanyaan pertama tadi, jika imunitas/ ketahanan tubuh (teramasuk antibodi tadi) turun, kuman yang bersembunyi tadi akan kembali melakukan aktifitasnya –> relaps tifus.

  12. halo pak dokter,
    saya sudah sering kena tipes. kata dokter mesti jaga stamina n makanan. klo stamina bisa, cuman klo makanan bagaimana? di kantor saya kerja mpe malam. mau ga mau harus makan diluar. bagaimana mengatasinya?
    terus, untuk saya yg sering kena tipes dan dewasa, apakah masih perlu vaksin tifus?
    bukankah seharusnya klo dah kena tfus, antibodinya akan ada dengan sendirinya?
    trims,

  13. ass,thank brother materei nya bagus bgt jd bisa mnambah pngthuan aq

  14. maksih ya pak dokter ni menambahreferensi saya

  15. willy oblerd

    thank’s mas tas infonya.bikin bnyak tau mas.mas kekambuhan tifus itu apa ada hubungannya dengan pola makan.klu ada tolong dijelaskan.kok tifus saya sering kambuh.sebelumnya terima kasih mas..

  16. willy oblerd

    thank’s mas infonya membantu bgt mas.mas kekambuhan tifus pa ada hubungannya dengan pola makan?saya sering kena tifus, bingung biar tidak kambuh gmn?terima kasih sebelumnya..

  17. Mas sya sudah pnas dr hr slsa mpe skrg(mggu),kdng pnasny trun kdg lo mlm naek lg..trz pusing,mual,kaki rasanya cpek bgt
    trz klo mslnya dh sdkt baikan,tak bwt krj lgsg mual n pusing lg..
    Pa ne bnr thypoid??
    Sya dh prksa kdkter pi q lp g tny diagnosa,bdan sdkt enk lo bis mnum obt
    pi bntr trz pusing lg..
    Pa yg hrz sy lkukan?pa sy hrz prksa kdkter lg?
    Tlg blz
    thanks

    Ya2N^_^ :
    mas sudah demam yang naik turun sejak 6 hari yang lalu, untuk lansung menegakkan diagnosis Thypoid belum dapat diambil, masih banyak pemeriksaan fisik dan mungkin dibantu oleh pemeriksaan penunjang yang perlu untuk dilakukan…minimal sebaiknya dilakukan pemeriksaan lab rutin (HB, Leuko, Trombo, Ht) mungkin juga ditambah Widal test (meskipun maknanya sangat kecil)…untuk membuang/ mengeluarkan diagnosis banding lain seperti malaria, atau infeksi lainnya….
    Saran saya, mas konsultasi lagi ke dokter….utarakan dengan jelas semua keluhan yang mas rasakan, kemunian minta kesediaan dokter tersebut untuk menjelaskan diagnosis penyakit mas ini, dan apa tindakan yang akan dilakukan terhadap penyakit mas ini…

  18. mas aq mo tanya ne,aq pengan neliti tntang tifus klo mnurut mas gmn?????????ada g 10 tentang tifus???tlong y.

  19. TOLONG DUNK TAMPILKAN DATA-DATA UNTUK MENUNJANG PEMBUATAN KTI………………

    Ya2N^_^ :
    ??????

  20. trima kasih infonya. pak…
    temen2 sekampus lagi banyak yang kena nih…
    Mohon dijelaskan lagi terkait makanannya.
    liat temen sekos sengsara banget. kata dokter cuman boleh makan yang halus2, seperti bubur.
    Lah bosen dia.
    kalo makan seperti biasa tapi ngunyahnya halus…
    boleh kan?
    boleh makan daging ga?
    makasih sebelumnya…

    Ya2N^_^ :
    hahhaha…kesannya ngakalin deh……..
    tujuannnya sebenarnya adalah agar saluran pencernaan bisa beristirahat untuk pemulihannya…..makanya harus makan makanan halus dengan kata lain mudah dicerna…jadi jangan diakal-akalin….hehe

  21. asslm
    trimaksh …sebanyak – banyakx cz sy sdah mgambil bnyk ilmu dari anda……….
    sy mhssw akbid. salam kenal.

    Ya2N^_^ :
    Alhamdulillah…….

  22. putra saya umurnya 6,5 th, skrg lg demam sudah 5 hari pemeriksaan Lab nya :hb 13,30 , Leko 7,400 Thromb 192.000
    Hemato 39 apa ini sudah gejala thypoid ( Riwayat umur 2 th pernah Thypoid-rawat inap ) dan apakah yg sudah ada riwayat perlu / hrs rutin selama 2th sekali vaksin thypoidnya, selama ini blm pernah mendpt vaksin.

    Ya2N^_^ :
    yang saya lihat dari hasil pemeriksaan laboratoriumnya semua dalam batas normal…..dan kaloe untuk demam 5 hari bukan khas thypoid, malah bisa lebih ke arah viral infection/ infeksi virus yang biasanya self limited (sembuh sendiri) dalam 5-7 hari….
    kalau masalah vaksin, sekali pemberian vaksin dapat bertahan minimal selama 3 tahun….dan ga ada salahnya ibu melakukan vaksinasi ke anak ibu..

  23. fauziazmi

    bantu ane cara pervalensi tentang penyakit thypoid????

  24. kerenz bg yanz… nanti ajarin cara ny buat kyak gini…

    Ya2N^_^ :
    makasi, rif….ya..ya
    tapi napa mesti buat yang ‘kyak gini’..???? gabung aja di sini kalau mau…

  25. makalahnya sangat bagus
    kalau boleh saya mau minta tolong,saya sekarang lagi nyusun skripsi tapi saya punya kendala di piramida terbelek,saya tidak menemukan jumlah penderita demam typhoid di propinsi riau.kalau boleh tolong kirimkan jumlah/persentase demam typhoid di riau.
    kalau bisa kirim secepatnya.

    sebelumnya trimakasih banyak y.

  26. ardho ardila

    makalahnya sangat bagus
    kalau boleh saya mau minta tolong,saya sekarang lagi nyusun skripsi tapi saya punya kendala di piramida terbelek,saya tidak menemukan jumlah penderita demam typhoid di propinsi riau.kalau boleh tolong kirimkan jumlah/persentase demam typhoid di riau.
    sebelumnya trimakasih banyak y.

  27. terimakasih,,,…..
    sangat dan sangat membantu study ku…
    untuk penyuluhan kesehatan di masyarakat….
    suskes terus…. ^_^

  28. Terima kasih banyak…
    Bermanfaat untuk bikin laporan untuk tugas kuliah…
    Walaupun sebenernya referensinya udah punya semua,,,tapi ya…. tetep lebih enak kalo udah dibantui nyarinya.
    Makasih banget ya Mas…
    Sukses terus!!!
    ^^

  29. DH
    Minta tolong advis untuk menengkan hati nih…anak saya
    sdh deman dari tgl 1 mei ini,mengingat akhir maret sampai 4 april smpat rawat inap krn DHF, saya mendatangi dokter anak yang merawat mnrt beliau kemungkinan DHF lagi kecil, saya tetap memanggil teknisi prodia untuk DL dan widal pada tgl 4 hasilnya widal negatif dan darah juga masih normal, krn panas gak turun saya balik ke dokter anak , maka anak saya diberikan antibiotik dari gol cepalosporin dengan tambahan gol cortikosteroid untuk 3 hari ternyata panas gak turun juga dokter anak menyarankan rawat inap . anak saya di rawat inap setelah diconfirm IGM thypoid positif 4 /positif lemahdan ditreatment dengan terpasef iv setiap 12 jam sekali mengingat anak saya ingin segera bisa ikut ujian nasional SD, akhirnya injeksi ditambah dengan ,metilprednisolon dengan argumentasispy demam lbh cepat turun. nah mulai sabtu tgl 9 ini panasnya mulai normal, dan dokter menyarankan saya menuntaskan 5 hari injeksi baru pulang…akhirnya anak saya pulang hari senin dan diberi obat htyiamycin/thiamfenicol…ternyata panasnya naik lagi mulai pagi ini…../
    apa yang harus saya lakukan? apakah ini hal yang serius?
    apa biasa panas tifoid seperti ini? mengingat dari pengamatan saya terapi antibiotik dari awal deman dia sudah dapt?
    mohon maaf kepanjangan and please give your comment? terimakasih

    Ya2N^_^ :
    – siklus demam thypoid berlangsung selama 4 minggu……
    – teruskan saja obatnya dulu, kaloe perlu bisa diberikan antipiretik untuk demamnya.

  30. punya leptospira ga bang?

    Ya2N^_^ :
    Wah, blum punya tu deh…..

  31. kalo menurut ku cukup pake salah satunya aja,,,boleh ceftri boleh cefo.krn klo kebanyakan antibiotik dapat memperberat fungsi hati penderita …tapi jauh lebih baik kalo plih drug of choisx cloramph.

  32. Lam kenal dulu deh buat masnya…
    mau nanya..apa ada pengaruh antara angka kejadian typhoid dengan umur dan jenis kelamin???
    trus ampe skg ada ga EBM (evidence based medicine) kombinasi cefotaxime + kloramfenikol dan KOmbinasi cefotaxime + kloramfenikol + ceftriaxone…
    nie skripsiQ mas….pola di RS yang aku teliti kayak gitu…
    Makasih banget sebelumnya…untuk bantuannya..

    Ya2N^_^ :
    Insiden berdasarkan umur 3-19 tahun, kejadian meningkat setelah umur 5 tahun….
    insiden berdasarkan jenis kelamin sama….

    cefotaxime + kloramfenikol + ceftriaxone ?? kaloe yang ini baru tau juga ada kombinasi seperti ini…soale bingung juga knapa cefotaxime di kombinasiin dengan ceftriakson (antibiotik sama2 golongan cefalosporin)….

  33. sory kurang lengkap maksud saya usia anak saya 9,3 tahun

  34. anak saya usia 9,3 demam mulai minggu malam tgl 15 feb 2009. Demam hanya turun jika diberi antiphyretik.hari ini 19 feb baru saja periksa lab dan barusan via tlp hasilnya Hb 12,9, ht 39,5, trombo 215, widal (-), dengue IgG (+),IgM (-) salmonela thypin IgM (-). Mohon tanya dokter apakah itu sudah thypoid fever??

    Ya2N^_^ :
    Demam yang terus menerus biasanya disebabkan oleh infeksi Virus (viral infection), jadi itu knapa anak ibu demamnya turun hanya pada saat obat bekerja….

    dari hasil pemeriksaan laboratorium, tidak satupun yang menunjang ke arah demam thypoid….
    salmonela thypii IgM (-) berarti anak ibu tidak sedang terserang oleh salmonella….

    dengue IgG (+) —> kekebalan terhadap dmam berdarah telah di bentuk oleh tubuh anak ibu….

    menurut saya anak ibu tidak thypoid, mungkin cuma infeksi virus lain biasa…

    makasi ibu, atika…

  35. nahda asysyfa

    AswWrWb
    Saya lagi butuh referensi untuk penelitian Demam Thypoid metode pemeriksaannya,

  36. terima kasih…
    info tentang thypoid membantu saya mengerjakan tugas kuliah…

  37. Makasi mas, infonya…
    Org yg plg gw syg lg terkena demam thypoid ini…
    Blog ini byk memberi info…

    Terus maju mas yayan…

    Ya2N^_^ :
    Makasi, mbak…senang bisa membantu…

  38. Dear Mas Yayan, apakah kondisi psikoligis seseorang juga mempengaruhi kambuhnya tifoid pada seseorang (disamping yang utama keterjagaan orang tersebut dari kehidupan yang bersih-sehat dan gizi yang baik)?


    Ya2N^_^

    @Mbak Mey
    Tidak ada hubungan langsung antara kondisi psikologis dengan kekambuhan tifoid, kecuali apabila kondisi psikologis tersebut mempengaruhi keadaan fisiknya (ex : depresi –> banyak faktor –> kondisi fisik menurun –> imunitas menurun)

  39. salut! blognya lumayan mas !!!! terus update yah!!!!!!!

    Ya2N^_^ :
    @dondy
    Insyaallah….makasi mas…

  40. Pingback: 3 minggu tak berkutik « – UnNamed –

  41. Yayan Akhyar

    Salam mas satomo…

    Demam Thypoid menurut epidemiologinya merupakan kuman yang penularannya Fecal-Oral (saluran pembuangan-mulut) dan di Idonesia causa terbanyak dari demam Thypoid adalah Kuman Salmonella Thypii.
    Salmonella Thypii masuk melalui mulut makanan atau minuman/ apapun yang terkontaminasi, kuman masuk saluran cerna setelah berhasil melewati barier pertahan lambung. Tempat hidup yang paling nyaman (rumah terakhir) dari kuman ini adalah kandung empedu karna kuman ini sangat nyaman hidup di dalam cairan empedu. di sini lah masalahnya ; obat-obat yang digunakan sangat jarang dapat mencapai/ mencapai kandung empedu dengan maksimal sehingga stabiltas kuman dalam kandung empedu
    tidak terpengaruh/ sedikit terpengaruh/ mati. orang yang pernah terkena Demam Thypoid akan menjadi carrier (pembawa) yang memungkinkan penularan terhadap orang lain yang mana selama > 1 tahun kuman masih dapat di kultur dari tinja oranga tersebut berarti uman masih nyaman dalam kandung empedunya)
    – kemungkinan terjadinya relaps ataupun reinfeksi dari thypoid dapat saja terjadi dan biasanya berhubungan dengan vitalitas fisik dan keadaan imunitas orang tersebut (saat vitalitas / imunitas menurun, kuman dapat meningkatkan aktivitasnya kembali dan keluar dari kandung empedu)
    – belum ada penelitian yang saya baca mengenai kecendrungan durasi dari kekambuhan semakin memendek, maaf.
    – kalau saya tidak salah, vaksin untuk Thypoid yang beredar di Indnesia sekarang dapat melindungi dalam jangka waktu sekrang-kurangnya 2-3 tahun.

  42. saya pernah sakit tipes berulangkali th 1969, 1971, 1978, dan akhir2 ini dalam 2 thn terakhir ini 2005 – 2008 sudah sakit 6 kali dan diidentifikasi sakit tipes, opnme 2 kali.
    Ada kecenderungan periodenya makin pendek aja , belakangan ini sehat 2 bulan sakit lagi dengan tanda2 seperti tipes. Apakah tipes memang kambuh2 an ? adakah vaksinasi yang bisa sampai 2 atau 3 tahun?
    Tolong dijawab yang lengkap ya! trims
    Salam

Leave a Reply

